Danau Ranu Grati

Minggu, 28 Oktober 2012




Berlibur adalah salah satu cara untuk menghilangkan stes yang berlebihan, biasanya diakibatkan karena masalah pekerjaan, pelajaran, dan sebagainya. Pasuruan adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur yang letaknya berbatasan dengan Kabupaten Sidoarjo. Pasuruan ternyata memiliki potensi alam yang sangat menarik. Pasuruan sangat terkenal sebagai kawasan industri dan pariwisata yang kompleks misalnya objek wisata Kota Pasuruan, Taman Safari II, Danau Ranu Grati Pasuruan
dan kawasan peristirahatan Tretes. Pasuruan merupakan tempat wisata yang mungkin belum pernah anda kunjungi, karena Pasuruan merupakan kota kecil di Indonesia, sehingga belum banyak yang mengetahui lokasi kota ini. Namun banyak tempat-tempat wisata di Pasuruan yang menarik untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga, yang tidak kalah menarik dari wisata di kota-kota lain. Jika anda memiliki waktu liburan, anda dapat mendatangi salah satu objek wisata Danau Ranu Grati Pasuruan ini. anda akan menyaksikan keindahan sebuah danau yang di tambah lagi dengan ketenangan dan udara yang sejuk. Semua hal tersebut akan membuat anda merasakan pengalaman baru ketika anda mengunjungi danau Ranu Grati Pasuruan.
Ranu adalah sebutan untuk telaga atau danau di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Di daerah yang berjulukan Kota Untung Suropati ini terdapat tiga ranu yang memiliki panorama alam yang sangat indah dan menarik.  Salah satunya adalah Ranu Grati. Ranu Grati memiliki  luas  sekitar 1.085 hektar yang ini terletak di antara 3 desa di kecamatan Grati, yaitu Desa Ranuklindungan, Desa Sumberdawesari, dan Kelurahan Gratitunon. Lokasi Ranu Grati berada di sebelah selatan tidak jauh dari jalan pantai utara di antara ruas Pasuruan – Probolinggo.  Dengan ongkos Rp 2000 jika mengaksesnya dengan menggunakan angkutan umum jenis mobil colt. Untuk memasuki Ranu Grati ini setiap pengunjung dikenakan tiket masuk Rp 2000 per orang.
Di  Ranu Grati ini sejak dulu hingga sekarang dimanfaatkan sebagai irigasi yang mengairi lahan persawahan di Kecamatan Grati dan sekitarnya. Selain itu juga pada bagian sebelah barat Ranu dimanfaatkan  oleh penduduk sekitar untuk mencari penghasilan dengan memancing ikan atau karamba apung.
Sejak tahun 2000, Pemerintah Kabupaten Pasuruan telah gencar memperkenalkan wisata Ranu Grati sebagai ajang banyak kegiatan seperti Lomba Olahraga Air tingkat Jawa-Bali. Untuk menuju ke Ranu Grati, dapat ditempuh sekitar 30 menit dari kota Pasuruan, dan 90 menit dari Probolinggo. Di kawasan wisata ini ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh wisatawan. Mereka bisa menikmati suasana di sekitar Ranu Grati dengan menggunakan becak kayuh dengan tarif Rp 3000 per 15 menit atau dengan speed boat dengan tarif Rp 50.000 untuk sekali jalan.
Bila menggunakan becak kayuh, pengunjung harap berhati-hati dengan tidak melintasi batas aman perairan  yang diberi bola-bola pelampung. Karena di luar batas itu, sangat berbahaya bagi pengunjung karena sangat dalamnya dasar Ranu Grati.

Pada tahun 2011 dan 2012, Danau Ranu Grati diperkuat dengan adanya PNPM Pariwisata di Desa Ranuklindungan yang dikelola oleh LKM Anugra. Beberapa kegiatan mulai nampak untuk menunjang kepariwisataan. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan oleh beberapa pokja, antara lain Pokja Wisata Air, Pokja Transportasi Darat, Pokja Cindera Mata, Pokja Kuliner, Pokja Becak Wisata, Pokja Panggung Hiburan, Pokja Seni Budaya, Pokja Ranu Grati Kuliner, dan Pokja Kios Wisata. Dari kegiatan ini diharapkan mampu mendongkrak popularitas Danau Ranu Grati, sekaligus memberdayakan masyarakat sekitarnya untuk meningkatkan araf hidupnya. (santay-red, dari berbagai sumber)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

ayo adik2 yang masih play group atau taman kanak2 kita ramaikan ranu grati di sana banyak mainan anak da bisa main MOBIL CESS

Anonim mengatakan...

saya banyak saudara di grati buhde,pakdhe, om ,tante dan saudara yg lain,jadi pingin ke grati hehehehe

Posting Komentar

Telusuri Kami

Terjemahkan

Arsip Kami

make gifs
make a gif picture
pictures to animation
gif make



Social Icons

Featured Posts