Gambaran Umum Desa Ranuklindungan

Rabu, 24 Oktober 2012


Desa Ranuklindungan merupakan salah satu wilayah yang berada di Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur, dengan batas wilayah sebelah utara Desa Sumberayar, sebelah selatan Desa Gratitunon, sebelah barat Desa Sumberagung dan sebelah timur Desa Sumberdawesari. Wilayah Desa Ranuklindungan secara ekologi merupakan daerah dataran sedang yang mempunyai luas wilayah 103.813 Ha, yang terdiri dari tanah sawah seluas 54 Ha, tanah pekarangan seluas 25 Ha, lain-lain (hutan, sungai, kuburan, jalan) seluas 24.813 Ha, dengan ketinggian 16 m di atas permukaan laut. Desa ini juga terbagi menjadi lima dusun yaitu, Bandilan I yang saat ini (tahun 2012-red) dikepalai oleh Samhadi, Bandilan II (Eman Suherman), Magersari (Yayul), Bebekan Kidul (Kasiono), dan Bebekan Kidul (Sukirno Mistro).  Secara administratif terbagi menjadi lima Rukun Warga (RW) yang mewilayahi 23 RT.
Desa Ranuklindungan saat ini dipimpin Kepala Desa Eddy S. Sulthonuddin, yang dibantu Sekretaris Desa Joko Santoso. Sedangkan menangani urusan-urusan dibantu oleh Kaur Umum (Sumarni), Kaur Pembangunan (Rofi'adi, S.PdI), Kaur Keuangan (Nurul Muttaqinah, S.Si), Kaur Pemerintahan (Abd. Rohmad), Pelaksana Teknis Pengairan (Mahmudin), dan Pelaksana Teknis Sosial Keagamaan/Modin (H. Mahmud AM).


Beberapa lembaga yang berada di wilayah Desa Ranuklindungan, baik itu berada di bawah naungan Pemerintah Desa maupun organisasi kemasyarakatan dan keagamaan, antara lain Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Anugra yang saat ini dikoordinatori oleh Yatna Supriatna, S.Pd, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dipimpin oleh Drs. Abdul Rachman, Badan Perwakilan Desa (BPD) Ranuklindungan  dipimpin oleh H. Budi Purwanto, SP, Perlindungan Masyarakat (Linmas) dikomandani Kasiono, Tim Penggerak PKK diketuai oleh Yusmiati Utami, Jama'ah Yasin dan Tahlil (Jayata) diketuai oleh Nurroini, S.Pd, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) diketuai oleh H. Budi Purwanto, SP. 

Jumlah penduduk Desa Ranuklindungan  Periode Bulan Desember 2012 sebanyak 3.991 jiwa, terdiri dari laki-laki 1.960 jiwa, perempuan 2.031 jiwa dengan jumlah KK sebanyak 1.205 KK.



Tabel 1. Penduduk Berdasarkan Tingkat Kesejahteraan Penduduk




NO

K e t e r a n g a n

Jumlah KK

1.        

Prasejahtera

357

2.        

Sejahtera I alasan ekonomi

370

3.        

Sejahtera II alasan ekonomi

310

4.        

Sejahtera III

116

5.        

Sejahtera III plus

15

Profil DESA RANUKLINDUNGAN  tahun 2012


Sarana pendidikan yang terdapat di desa ini adalah satu lembaga play group (El Mawaddah), tiga TK/RA (TK DWP 03 Ranuklindungan, TK DWP Lolit Sapo, dan RA El Mawaddah), dua SD (SDN Ranuklindungan I dan II), satu Madrasah Diniyyah (Madin Darul Ulum(, dua SLTP (SMP Negeri 2 Grati dan MTs. MMP Darul Ulum), satu SLTA (SMK Kartika), dan sembilan TPQ.
 
Sarana peribadatan meliputi satu buah Masjid Jami' Baitul Khoir dan 23 mushollah yang tersebar di seluruh penjuru Desa Ranuklindungan.

Adapun Lembaga Pemerintah yang ada di ada Desa Ranuklindungan ini adalah Puskesmas Grati, Kepolisian Sektor Grati, UPTD Pendidikan Kecamatan Grati, Wisata Danau Ranu Grati, dan Loka Penelitian Sapi Potong. (santay-red)
(dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

Telusuri Kami

Terjemahkan

Arsip Kami

make gifs
make a gif picture
pictures to animation
gif make



Social Icons

Featured Posts