Pemilu Raya Pimpinan Kolektif LKM Anugra

Selasa, 23 Oktober 2012


(Ranu, 23 Okt ’12) – Malam itu selepas Isya, masyarakat Ranu berduyun-duyun mendatangi Pendopo Balai Desa. Rupanya Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Anugra punya gawe besar. Malam itu akan diadakan Pemilu untuk memilih Pimpinan Kolektif (PK) LKM yang baru, setelah PK LKM sebelumnya menjabat genap tiga tahun lamanya.

Peserta Pemilu yang berasal dari lima RW itu tampak memadati Pendopo setelah diawali dengan mengisi daftar hadir. Tak berapa acarapun dimulai. Tampak sekretaris LKM, Nur Khotib, membuka jalannya rapat. Kepala Desa Ranuklindungan, Eddy S Sulthonuddin, juga memberikan sambutannya. Selanjutanya Pemilu dipimpin langsung Koordinator (PK) LKM, Abd Rohmad. Koordinator PK LKM Anugra tersebut memulai dengan Laporan Pertanggungjawaban dan dilanjutkan dengan pembahasan AD/ART.

Akhirnya pemilihan pun dimulai. Pimpinan sidang ditetapkan terlebih dahulu melalui perwakilan tiap RW.  Tatang Bahruddin mewakili RW I, Yatna Supriatna (RW II), Asrul Sani (RW III), dan Irfan (RW V). Yatna selaku ketua sidang memulainya dengan pembahasan tata tertib pemilihan. Acarapun dilanjutkan dengan pemilihan tujuh PK LKM, dan dua orang otomatis lolos dari periode sebelumnya berdasarkan musyawarah PK LKM demisioner. Sebanyak 25 calon dari lima RW diabsen dan dimintai kesediannya. Hasilnya sebanyak 11 orang tidak hadir, dua orang tidak bersedia, dan akhirnya 11 orang memasuki babak pemilihan. Setiap pemilih memiliki suara untuk memilih tiga orang yang berbeda.

Tampak pemilih menuliskan nama-nama jago mereka dengan antusias. Tak sedikit di antara mereka menuliskan calon pavoritnya tiga kali untuk satu nama, dan itu tetap sah tetapi hanya dihitung satu suara saja. Kelakar di antara mereka tak jarang membuat terkekeh panitia. “Sing menang, mbeleh wedus!!!” kata seorang pemilih.

Setelah dilakukan penghitungan akhirnya diperoleh Yatna Supriatna dengan 32 suara, Imam Sofyan 15 suara, Irfan 14 suara, Akhmad Jupri 11 suara, Asrul Sani 10 suara, Arif Rahman Idhatama dan Rofi’adi memperoleh 9 suara. Ditambah 2 orang dari LKM demisioner yaitu Abd Rahmad dan Nur Ifah Sulistyowati. Sehinggal PK LKM yang terbentuk sebanyak 9 orang.

Setelah pemilihan PK LKM selesai, acara dilanjutkan dengan penentuan koordinator PK LKM dan semua sepakat untuk memilih Yatna sebagai koordinatornya. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari koordinator PK LKM terpilih.

Acara malam itu diakhiri dengan do’a, dan semua peserta membubarkan diri untuk pulang ke rumah masing-masing dengan memancarkan perasaan gembira karena menentukan pilihan untuk masa depan tiga tahun mendatang. (santay-red)

0 komentar:

Posting Komentar

Telusuri Kami

Terjemahkan

Arsip Kami

make gifs
make a gif picture
pictures to animation
gif make



Social Icons

Featured Posts